Sabtu, 15 Desember 2012

Cara Jitu Mendidik Anak Balita Senang Membaca

cara jita anak suka baca
Tips Anak Suka Membaca
Anak adalah investasi masa depan, salah satu anugerah-Nya yang dapat kita banggakan jika berhasil mendidiknya dengan baik. Anak jugalah yang akan menjadi teman setia di masa tua. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas orang tua untuk mempersiapkan putra-putrinya agar siap menghadapi tantangan zaman. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, anak-anak akan hidup di era yang berbeda dengan kita sekarang.

Adapun, bahasa adalah hadiah terbesar dari pikiran manusia. Membantu anak membaca dan belajar bahasa merupakan cara untuk menghubungkan mereka dengan budaya dan membuka dunia baru bagi mereka.

Membantu anak-anak untuk membaca merupakan bagian dari cara mendidik anak balita dalam tahun-tahun awal mereka adalah pekerjaan yang paling penting dari orangtua. Dalam bahasa, ada mekanisme built-in untuk menyampaikan apa yang kita, jenis manusia, telah ditemukan selama berabad-abad.

Belajar membaca adalah suatu proses menghubungkan dengan ide-ide baru dan itu merupakan dorongan untuk impuls kreatif dan imajinasi anak. Membantu anak-anak untuk belajar membaca adalah semua tentang membuat pengalaman yang menyenangkan.
Satu hal yang perlu diingat adalah, apa pun anak menikmati melakukan, mereka belajar dengan cepat. Di sini saya akan bergantung pada pengalaman saya sendiri belajar membaca, untuk memberikan beberapa tips dalam membantu anak-anak untuk membaca.

Mendidik Sejak Dini
Kita memang tidak dapat mengendalikan pertumbuhan otak anak, namun kita dapat membantu mengoptimalkan perkembangannya.
Riset menunjukan bahwa perkembangan intelektual anak-anak sejak lahir hingga usia 3 tahun sama hebatnya dengan usia 4 tahun hingga 18 tahun. Maka dari itulah, usia 0-3 tahun sering disebut sebagai golden age. Pada usia 4 tahun, 50% kecerdasan otak anak sudah terbentuk.

Rumah menjadi sekolah pertama bagi anak kita. Cara mendidik anak balita, kebiasaan-kebiasaan orang tua dan anggota keluarga lainnya akan berpengaruh terhadap kebiasaan anak di masa depan.

Jika orang tua biasa menonton, anak juga akan senang menonton. Apabila orang tua senang membaca, anak-anak juga akan akrab dengan bahan bacaan. Bukan sembarang bacaan tentunya. Bacaan bermutu disertai dengan ilustrasi gambar yang menarik akan mempermudah anak menyerap pengetahuan dalam bacaan.

Cerdas dengan Membaca
Membaca adalah salah satu cara mendidik anak balita yang positif. Sayangnya, tidak semua anak suka membaca. Padahal, membaca sangat penting untuk menambah pengetahuan dan pemahaman.
Cara mendidik anak balita agar suka membaca dapat dilakukan dengan memberikan buku bacaan bergambar.

Sejak usia tiga bulan, anak sudah memiliki kemampuan untuk membangun dan mengingat perbedaan pola-pola gambar yang rumit. Jadi, memberikan buku bacaan bergambar pada anak patut dicoba.

Keberadaan gambar yang menarik juga membuka peluang bagi anak untuk membaca lewat gambarnya saja. Anak tidak begitu terbebani oleh tulisan yang panjang.
Tokoh-tokoh yang unik dan tingkah laku yang kocak pada gambar, lambat laun akan mendorong anak mencari tahu lebih banyak lewat tulisan. Secara tidak sadar, anak akan mulai membaca keseluruhan isi buku.

Kegiatan membaca akan semakin optimal apabila orang tua turut serta membaca. Orang tua dapat membahas dan menerangkan pada anak mengenai maksud gambar atau ilustrasi buku.

Selain pengetahuan anak bertambah, membaca dapat menjalin komunikasi dan hubungan emosional antara orang tua dan anak.

Komunikasi dan emosi yang erat antara anak dan orang tua kelak menjadi dasar bagi hubungan yang lebih harmonis di masa depan.

Teknik Membaca Komprehensif
Pengajaran pemahaman bacaan yang memberdayakan orang dengan alat untuk belajar. Lebih dari apa pun, keterampilan membaca pemahaman berguna di dunia nyata. Memahami kata-kata tertulis membuka jalan ke toko-toko besar pengetahuan yang diperoleh oleh manusia sebagai masyarakat, selama berabad-abad.

Banyak pembaca yang baik tidak pandai mengajarkan keterampilan membaca. Mengetahui keterampilan dan pengajaran yang keterampilan kepada seseorang adalah dua hal yang berbeda. Jadi, pembaca yang baik belum tentu menjadi guru yang baik membaca pemahaman. Dibutuhkan banyak lebih dari itu.

Tips Membaca Pemahaman Pengajaran
Saya bukan ahli dalam hal ini. Semua yang saya bicarakan di sini adalah lahir dari pengalaman saya sendiri untuk mengajarkan anak-anak untuk membaca dan melalui penelitian saya sendiri.

Beberapa pemikiran juga berutang asal mereka untuk proses belajar saya sendiri pemahaman membaca, di bawah bimbingan beberapa guru besar, yang saya memiliki hak istimewa untuk belajar di bawah.

Saya berutang banyak kepada para guru saya, yang berperan dalam memicu semangat untuk membaca dalam diri sendir. Melalui pengajaran, saya mencoba untuk menyebarkan percikan untuk mahasiswa saya sendiri. Berikut adalah beberapa tips tentang mengajar anak-anak untuk membaca dan memahami.

1. Mengembangkan Kekuatan dari Kosakata Tanpa mengetahui apa maksud kata-kata, pemahaman adalah mustahil. Jadi, Anda harus fokus pada pengembangan kekuatan kata anak. Bila Anda menemukan kata yang tidak dikenal dalam satu bagian, Anda harus menjelaskan kata itu dan apa artinya.

Kemudian setiap kali kata itu muncul lagi, Anda bisa meminta anak-anak untuk apa artinya sehingga mereka mengingatnya. Mengajar siswa untuk mencari arti kata dalam kamus penting. Praktek yang baik adalah, untuk membuat anak-anak menggarisbawahi kata-kata, bahwa mereka tidak mengerti dalam bacaan pertama dan kemudian mendiskusikannya di kelas.

2. Jangan Lanjutkan Tanpa Memahami Salah satu aturan yang baik untuk mengikuti kelas mengajar anak untuk tidak melanjutkan membaca tanpa pemahaman. Setiap kalimat harus dipahami sebelum mereka pergi untuk yang berikutnya. Membuat siswa merasa bebas untuk meminta keraguan mereka jika mereka tidak mengerti.

3. Merebut Hati dengan Materi  Ajarkan mereka bagaimana membaca dibuat lebih sederhana ketika Anda memahami inti permasalahan atau ide sentral dari suatu bagian. Dengan begitu, mereka dapat dengan mudah menghubungkan dan memahami apa yang mengikat semua kalimat bersama-sama dan apa yang sebenarnya sedang dibicarakan.

4. Menggunakan Petunjuk Kontekstual Satu hal untuk mengajar siswa adalah bahwa membaca adalah banyak seperti pekerjaan detektif. Anda perlu mencari tahu makna dari kalimat melalui konteks di mana mereka digunakan. Ajarkan mereka untuk mempertanyakan setiap baris sampai makna yang jelas, relevan dengan konteks. Ini semua adalah masalah praktek.

5. Visualisasi Apa yang Ditulis Salah satu cara paling sederhana pemahaman menguasai bacaan yang memvisualisasikan apa yang Anda baca. Mendorong siswa untuk memvisualisasikan apa yang mereka baca.

Terutama, bila Anda telah diberi tugas membaca cerita, mendorong anak-anak untuk memvisualisasikan ketika mereka membaca. Ini adalah semua tentang mengajar membaca strategi yang membantu mereka untuk melihat melampaui kata-kata hitam dicetak di atas putih dan melihat pikiran, gambar dan ide-ide yang mereka wakili!

Semoga artikel ini telah memberikan Anda wawasan tentang strategi pengajaran membaca pemahaman, yang akan berguna saat mengajar anak balita Anda sebagai bagian dari cara mendidik anak balita untuk menghargai keindahan pikiran yang disampaikan melalui kata-kata tertulis. Membaca adalah suatu tindakan yang tidak wajar, yang diperoleh melalui latihan, tetapi berpikir tidak.

Seni pemahaman pengajaran membaca adalah semua tentang membantu anak kata berteman dan melihat ide-ide yang mewakili kata-kata!.

Sumber: Anne Ahira

Cara Jitu Mendidik Anak Balita Senang Membaca Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Caksub

0 komentar:

Posting Komentar